Snorkeling di Pantai Nglambor Gunungkidul

Saat wisata pantai di pesisir Gunungkidul mulai melejit, pantai Nglambor tetaplah sepi. Hingga akhirnya ada sekelompok orang yang menyadari potensi wisata besar pantai ini yang tidak dimiliki pantai-pantai lain. Pantai Nglambor memang tidak seluas pantai Sepanjang atau seindah pantai Indrayanti, namun pantai ini memiliki keunikan yaitu bisa digunakan untuk snorkeling. Kondisi perairan di pantai yang menyerupai cekungan ini terbilang aman untuk berenang dan snorkeling karena ada dua bukit karang yang terletak di tengah laut. Bukit karang yang bentuknya menyerupai kura-kura raksasa itu berfungsi sebagai pemecah ombak dan penahan gelombang. Sehingga ombak yang sampai ke pantai tidak besar dan cenderung tenang.



Ombak yang pelan menjadikan biota laut dan terumbu karang tumbuh dengan subur. Air di pantai ini pun jernih, sehingga kamu bisa melihat hingga ke dasar laut. Kombinasi itu lantas menjadikan pantai Nglambor cocok digunakan sebagai lokasi snorkeling. Ketika kelompok Nglambor Bintang Snorkeling mulai mempromosikan wisata ini, Nglambor pun mulai dikenal wisatawan dan kini berkembang menjadi salah satu destinasi wisata bahari favorit di Gunungkidul.

Meski sudah ramai dikunjungi wisatawan, kondisi pantai Nglambor masih alami dan bersih. Untuk mencapai bibir pantai anda harus berjalan melewati ladang kacang dan deretan pohon pandan laut. Kendaraan tidak bisa parkir di bibir pantai sebab lokasinya cukup sempit dan harus berjalan kaki atau naik ojek dari tempat parkir. Garis pantai di sini tidak begitu luas, tidak cocok digunakan untuk bermain voli pantai atau berjemur. Pasirnya juga sedikit berbeda, tidak halus seperti pasir hitam melainkan sedikit kasar karena pasir pantai Nglambor terbentuk dari pecahan cangkang biota laut dan karang yang tergerus ombak terus-menerus.

Di pantai Nglambor anda bisa memuaskan hasrat untuk bermain air, mulai dari mandi-mandi, berenang, hingga snorkeling. Kalau malas basah-basahan, anda bisa mencari kulit kerang dan batu halus warna-warni, melompat dari satu gugusan karang ke gugusan lainnya, atau trekking mendaki bukit-bukit karang yang memeluk pantai ini. Ombak yang tenang dan air laut yang jernih membuat bisa melihat karang, rumput laut, ikan warna-warni yang berkejaran, serta aneka biota penghuni laut dari permukaan. Berada di Nglambor akan memberi sensasi perjalanan wisata pantai yang berbeda.



Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul diapit oleh pantai Siung dan pantai Jogan, sehingga pos retribusinya menjadi satu dengan pantai Siung. Dari Yogyakarta membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 – 3 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Untuk mencapai pantai ini anda bisa menyusuri jalan menuju pantai Siung. Setelah melewati pos retribusi, anda akan bertemu dengan pertigaan kemudian ambil arah kanan menyusuri jalan makadam dan pantai Nglambor berada di ujung jalan tersebut.

Jadi, kapan anda bertualang ke pantai Nglambor bersama AdventureYogya..?

0 comments:

Posting Komentar

 
Adventure Yogya © 2018 | by Interline Cruises